29 Maret 2015

hidup tanpa hape, bisa?

liburan kemarin, iseng saya pergi menyambangi teman di Surabaya. didorong rasa kangen yang udah tumpeh-tumpeh sementara temen saya itu (sok) sibuk banget sampe ngga ada waktu buat ketemu temennya, akhirnya saya bela-belain kesana sendirian. eits, sayangnya yang mau saya ceritain bukan bagian bertemu teman saya ini.

jadi, saya berangkat naik kereta penataran pertama pagi itu. sorenya langsung pulang, masih bersama penataran. kereta murah lima ribuan yang malang-surabaya bisa sampe lebih dari tiga jam ditambah hobi banget ngaret.

di kereta paginya, saya langsung loncat naik (karena udah telat dan kereta udah mau berangkat) dan langsung duduk di tempat kosong yang ada (maklum kereta murah, bukan pesawat, kebanyakan penumpang tidak duduk sesuai nomer kursi) dan kemudian langsung tertidur (ya namanya juga liburan jadi ga biasa bangun pagi dan masih ngantuk).

sorenya, saya lagi-lagi duduk secara random karena tempat duduk saya ditempati orang lain. tapi kali ini, pemilik kursi asli datang dan mengusir saya. sayapun kemudian pindah. tapi lagi-lagi saya diusir. akhirnya saya duduk di sebelah bapak-bapak, umurnya mungkin udah 50-60an, berbadan tinggi besar, berkulit hitam, berjenggot, menyeramkan lah pokoknya. satu-satunya barang yang dibawa bapak tersebut adalah minuman berwarna kuning keoren-orenan (?) di dalam botol akua bekas 1,5 liter dan hampir terisi penuh. berdasarkan warna dan kekentalan cairan, saya asumsikan itu adalah nutrisari.

oke, abaikan nutrisarinya.

nah, akhirnya saya pun duduk di sebelah bapak tersebut sambil takut-takut. saya nggak berani tidur meskipun badan sudah superduper capek, takut diapa-apain sama si bapak serem. tapi belum setengah perjalanan, tiba-tiba terdengar suara berisik dari kursi seberang saya.

ternyata saat itu di seberang saya ada seorang mbak-mbak bermake-up tebal sedang video-callan sama bule memakai tabletnya. bahasa inggrisnya sesukanya, yang penting si lawan bicara paham. agak lama mbak-mbak itu 'berbicara' dengan tabnya. dan selama itu pula saya memperhatikan dan mencoba memahami apa yang mereka bicarakan. sampai akhirnya, tiba-tiba bapak-bapak di sebelah saya bersuara: saya sebenarnya dari dulu nggak pernah punya hape."

saya langsung menoleh ke sebelah. ternyata bapak tersebut juga memperhatikan si mbak tadi. tapi, kok bisa hari gini nggak punya hape? gimana cara menghubungi keluarganya? teman-temannya? sepasang suami istri di depan saya (kursi keretanya berhadap-hadapan) yang sedari tadi diam saja, langsung tertarik untuk bertanya pada bapak di sebelah saya: "kok bisa nggak punya hape pak?"

ternyata bapak tersebut lebih suka menemui orangnya langsung daripada melalui handphone, seperti yang sedang dilakukannya saat itu. jadi ternyata bapak itu adalah orang malang, anaknya yang kecil mondok di surabaya. kebetulan ia sedang rindu, jadilah ia menemui anaknya. berangkat pagi, pulang sore.

bukannya tidak mampu membeli hape, katanya. istrinya punya hape, meskipun hanya digunakan saat urgent. anak-anaknya pun dibelikan handphone yang mereka mau. toh hape sekarang bukan barang mewah, malah cenderung menjadi kebutuhan pokok. tidak seperti tahun-tahun lalu. ia kemudian mengenang (sambil sesekali meminum nutrisarinya) masa-masa 10-20 tahun yang lalu saat handphone masih besar dan berat dan layarnya kecil serta pulsa masih mahal.

menjauhkan yang dekat tapi mendekatkan yang jauh, jawab si bapak saat ditanya alasannya kenapa ga punya hape. kata si bapak, orang-orang jaman sekarang banyak yang lupa diri kalau sudah pegang hape. kecanduan. lupa sekelilingnya. main hape terus-menerus padahal belum tentu itu penting.

mendengarkan keluhan si bapak, saya langsung berkaca pada diri saya sendiri. hape, dibilang kebutuhan pokok sih, bukan. beberapa bulan yang lalu saya sempat kehilangan hape dan nggak berani minta lagi ke orang tua karena hape yang hilang itu masih satu minggu umurnya. akhirnya selama berminggu-minggu saya memakai hape biasa yang hanya bisa untuk sms dan telepon.

hampa. ada yang kurang rasanya. nggak bisa check-in path, kepoin instagram olshop ataupun artis-artis, curhat di timeline twitter ataupun line, dan lain-lain. tapi lama-lama saya terbiasa. saya bisa. dan saya sadar. bahwa yang saya lakukan di hape tidak semuanya penting. curhat di berbagai sosial media, apa guananya? apalagi check-in, memangnya ada yang peduli?

kalau kamu, bisa nggak hidup tanpa hape? :)))
Read More

02 November 2014

hai!

HAIIIIIIIIIIIIII

lama ga nulis di blog ini, kangen deh :3 hihihi ternyata terakhir kali nulis udah hampir 5 bulan yang lalu, waktu kelulusan. itu udah lama bangetttt dan banyak bangetttt hal-hal yang terjadi dan perasaan-perasaan yang terpendam yang pengen di share disini. cieilaaah~

pertama-tama, marilah kita ucapkan puja dan puji syukur pada Tuhan yang Maha Esa karena hanya berkat limpahan rahmatnya lah saya dapat........ membeli modem baru!!!!! yey! jadi ceritanya, sebulan terakhir ini berasa tinggal di hutan belantara gara-gara sinyal susah banget, cari wifi juga susah. tapi berkat b*lt modem wifi kini hidup saya berubah dan saya sudah tidak menderita lagi, terima kasih b*lt :)

loh loh loh, jadi sebenernya lo ada dimana de?


Read More

05 Juni 2014

lulus.

nggak terasa ya tiga tahun cepet banget ternyata. rasanya kayak bentar banget ini masa SMA. masih inget banget dulu pertama masuk SMA, masih kulu-kulu, masih cupu, masih rajin-rajinnya belajar, masih takut ngelanggar aturan (tapi tetep dilanggar aja), masih takut sama kakak kelas sampe ke kantin aja beraninya pas sepi-sepi doang muahahaha. apalagi waktu pertama MOS, idih itu pasti hina banget. tak sanggup aku membayangkannya :")

beberapa bulan setelah masuk SMA. anak SMA tugu harus banget foto di tugu wkwk
kerudung ga jelas banget gitu, masih belajar pakenya ^^v
sampe akhirnya nemuin teman-teman baik nan cantik dan lucu serta imut-imut, yang yang bisa diajak gila-gilaan bareng dan membuatku tidak cupu lagi, yang paling bisa mengerti dan memahami meskipun lebih sering nge-bully, yang selalu seru kalo udah kumpul bareng dan ngegosip. duh, wanita-wanitakuuuh {}


juga keluarga pertama di SMA yang paling edyan! kalian kelas ternakal sejagat raya nusantara dunia akhirat! setiap guru-guru ngomongin kalian pasti tentang nakalnya! pasti ada aja kasusnya! semua kejadiannya itu membekas dihati tau gak!!!



dan cinta masa SMA yang kata orang-orang ga bisa dilupakan (cie). terima kasih ya sudah bikin kenangan paling manis selama tiga tahun ini. ga usah kata orang-orang, aku juga udah tau kok kalo aku ga bakal bisa ngelupain kamu meskipun kita sudah tidak bersama lagi.... *some text missing*

Read More

04 Januari 2014

past.

Kalo lagi nyetir, entah itu mobil atau motor, kita pasti butuh spion. Kalo nyetir nggak ngeliat spion? Bisa-bisa ditabrak dari belakang, terus jatuh, mati deh. Tapi kita nggak selamanya liat spion kan? Kalo liat spion terus-terusan bisa nabrak yang depan, terus jatuh, mati deh.

Sama kayak masa lalu. Kita butuh. Kita nggak bisa kalo nggak liat masa lalu. Tapi kita juga nggak bisa terus-terusan ngelihat masa lalu. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran, lihat sekali-sekali saat perlu. Biar aman, biar nggak jatuh, biar nggak mati.

With Love,
Deanova Sabila
Read More

31 Desember 2013

2014.

Dari sore, saya sudah niat mau menghabiskan malam tahun baru di rumah saja. Sama seperti malam-malam sebelumnya. Nonton tivi, main leptop, blogging, nge-game, dengerin lagu, liat film, makan roti bakar, minum kopi sachet, bareng keluarga yang (Alhamdulillah) lengkap. Banyak hal menyenangkan yang harus dilakukan.

Saya pun buka leptop dengan niat awal mau cari bahan postingan. Waktu udah siap browsing di google, tiba-tiba ada ini:
Ah ya, it's new year. People all around the world are partying. Dengan modal kepo, saya ingin tau apa yang dilakukan orang-orang di luar sana saat tahun baru. Sayapun iseng klik animasi google diatas. Munculah alamat-alamat website popular dengan keyword 'new year'. Ada satu yang menarik mata saya dan membuat saya langsung meng-klik >> http://www.sydneynewyearseve.com/

Wait, what? Header website itu adalah gambar mata satu. Juga background-nya, penuh mata yang cuma satu. Lihat juga petanya, mata satu everywhere?

Sebenarnya apa sih maksudnya 'mata satu'? Hmmmm kalian pasti sudah dengar 'gosip' itu kan? Yang belum tahu, coba saja browse sendiri, karena bukan itu yang ingin dibahas disini ^^v

Sampai disini hasrat kepo saya semakin memuncak. Dari mana awal mula tahun baru masehi ini? Apa hubungannya dengan 'mata satu' ini?

Read More

24 Desember 2013

Selfie, Lama-Lama Menjadi Hobi

Hai haiii~~ kali ini kita bahas yang santai-santai aja dulu deh yaaa, harus no galau pokoknya :")


Eapz, siapa sih yang nggak pernah foto selfie? Apalagi anak muda kayak kita-kita gini. Pasti semuanya jago fotografi......... khusus selfie.

Weitsss, masih ada yang nggak tau apa itu selfie??? Anak bumi atau anak mars?

Kata 'selfie' sebenernya baru masuk oxford dictionaries tahun 2013 ini lho. Tapi saking happening banget, langsung jadi Word of The Year 2013. Baca aja artikelnya disini. Jadi kalo kamu sampe nggak tau apa itu selfie hmmm itu namanya kudet, kuper, atau kampungan? #emaap
sumber gambar
Nih pengertian selfie menurut oxford dictionaries:
di skrinsyut dari sini
Berdasarkan pengertian diatas, ada 3 hal penting yang aku garis bawah:
taken of oneself
Jadi yang namanya selfie, pastilah motret dirinya sendiri. Motret wajahnya sendiri, pake tangannya sendiri. (Meskipun kadang juga dengan bantuan self-timer, cermin, dan lain sebagainya)  Kalo difotoin sama orang lain, namanya bukan selfie lagi ya^^
taken with a smartphone/webcam
Jaman sekarang, yang namanya smartphone udah pada canggih kan ya. Banyak banget smarthphone yang berkamera mumpuni buat foto selfie. Harganya juga udah banyak yang ramah kantong. Tapi selain pake smartphone, foto selfie juga bisa pake webcam. Tau Webcam Toy? Itutuuuh editan buat foto pake webcam, tanpa download app lho. Ada juga editan bawaan dari leptopnya, kayak photobooth di MacBook yang pastinya unyu-unyu sadizzz.
uploaded to a social media
Coba aja search #selfie di Instagram. Ada berapa juta foto disana? Selain itu, di twitter, path, hingga facebook album maupun facebook page banyak banget yang disulap jadi seperti gallery foto pribadi berisi selfie aneka pose. Cling!

Read More